Fictions Enroll

Komik Terbaru

Pembuktian Teorema Pythagoras Menggunakan Gambar



Pythagoras

Papua Comedy
-Rumus Matematika yang satu ini tentunya tidak asing lagi dikalangan para pelajar. Rumus apakah itu? Dia adalah Rumus pythagoras.

Siapa penemu Teorema Pythagoras ini? Ya... sudah jelas lah Bapak Pythagoras. Pythagoras lahir pada tahun 570 SM, di pulau Samos, di daerah Ionia. Beliau adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya. Dia juga dikenal sebagai “Bapak Bilangan”.

Apa itu rumus pythagoras? Rumus pythagoras adalah rumus yang digunakan untuk mencari salah satu panjang sisi pada segitiga siku-siku ketika 2 sisi lainnya telah diketahui. Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya memiliki besar 90 derajat.



Rumus Pythagoras pada segitiga siku-siku



Image result for rumus pythagoras
From: Google Image


Pembuktian dari teorema pythagoras ini sangat bermacam-macam. Sangat banyak cara untuk membuktikan teorema Pythagoras ini. Di sini kita akan membuktikan teorema tersebut menggunakan gambar.

Simak Video dibawah ini dalam membuktikan Teorema Pythagoras menggunakan gambar.



https://www.youtube.com/watch?v=BquCnxfie98
Pembuktian Oleh Andrian Rumere


Dalam dalil /teorema pythagoras, ada pola angka yang perlu untuk diingat supaya dalam menyelesaikan soal pythagoras akan lebih mudah dan cepat dalam mengerjakannya, pola tersebut adalah :

  • 3 – 4 – 5
  • 5 – 12 – 13
  • 6 – 8 – 10
  • 7 – 24 – 25
  • 8 – 15 – 17
  • 9 – 12 – 15
  • 10 – 24 – 26
  • 12 – 16 – 20
  • 14 – 48 – 50
  • 15 – 20 –  25
  • 15 – 36 – 39
  • 16 – 30 – 34
Untuk lebih jelasnya Kita masuk ke contoh sederhana saja bosss. Misalkan, Pak pakiz ingin membuat wahana flying fox seperti skema segitiga siku-siku yang terlihat di bawah ini.



flying-fox-pythagoras-kecil
From: Googe Image


Tinggi menara adalah 30 m. Jarak dari menara ke dataran seberang adalah 40 m. Berapakah panjang tali yang diperlukan Pak Pakiz untuk dipasang dari atas menara, menyusuri perairan ke dataran seberang? Aeee... ini mungkin soal ko rasa gampang.

Misalkan "a" adalah tinggi menara,  "b" adalah jarak antara menara dan dataran di seberangnya, dan  "c" adalah panjang tali flying fox yang diperlukan. Dengan teorema Pythagoras, kita dapat:



(c)^2=(a)^2+(b)^2





(c)^2=(30)^2+(40)^2





(c)^2=900+1600





(c)^2=2500





c=\pm50



Mungkin ini keliatannya simpel bosss. Tapi perhitungan jarak pada hubungan sisi-sisi segitiga ini pastinya banyak kita temukan di berbagai aspek kehidupan. Oleh karenanya, teorema Pythagoras menjadi fondasi trigonometri. Teorema Pythagoras menjadi dasar perhitungan buat teorema-teorema lain di matematika, khususnya trigonometri. Dan tanpa trigonometri, kita tidak akan punya banyak hal yang membentuk peradaban manusia sekarang. Tanpa trigonometri, tidak akan ada sains, arsitektur, ilmu kelautan, astronomi, bahkan ga akan ada tuh rumah, mobil, komputer, dan berbagai teknologi modern yang kita nikmati sekarang.




No comments